The 16th ASEAN-Korea Youth Square, ASEAN-Korea Future Oriented 2015

Can you imagine to gather with 99 great young people from Korea and 10 ASEAN countries? Yeah, it was an amazing experiences of mine. Thanks God, I’m feel so blessed at the beginning of this year :’)

5-10 Febuari 2015 menjadi enam hari yang sangat menakjubkan dalam hidupku. Alhamdulillah, aku dan enam orang delegasi dari Indonesia bisa memiliki kesempatan untuk mengikuti acara yang diadakan oleh National Council of Youth Organization in Korea (NCYOK) dengan tema ASEAN-Korea Youths, United as One through Sport Activities.

IMG_2010

sebelum cerita lebih lanjut soal kegiatan disana, aku mau sharing sedikit soal proses seleksi. deadline pendaftaran AKYS 2015 ini adalah tanggal 10 Januari 2015, kalau gak salah cuma ada waktu sekitar satu minggu dari mulai pengumuman sampai deadline pendaftaran. pelajaran nomor 1 buat aku “kalau mau tau info, harus gercep sendiri, jangan nunggu info dari orang lain karena info ini juga gak banyak beredar secara luas”. kalau gak salah, aku tau info ini di awal-awal pembukaan pendaftaran. terus, sempet juga nunda-nunda daftar karena aku pikir “ah, masih ada waktu beberapa hari lagi buat daftar, santai aja. lagian ini acara fully funded, pasti banyak banget pendaftarnya, kesempatannya pasti kecil, bla bla bla” seriously aku punya pikirian kayak gitu at the first sight. Tapi, entah kenapa besoknya aku semacem dapet hidayah buat segera daftar. kan, lebih cepat daftar lebih baik. urusan diterima atau ngga, biar Allah SWT yg urus. Toh, si Rindah ini juga udah sering banget gagal. so, kalo ini gagal pun, aku sudah terlatih… #terlatihuntukgagal :’)

pelajaran nomor 2 “kalo dapet info acara bagus, udah langsung aja daftar, urusan diterima atau ngga, urusan duit, urusan ada waktu atau ngga, itu belakangan. biar Allah SWT yang urus. kalo ini acara baik untuk kita, pasti jalannya dimudahkan. kalo jalannya dipersulit, ya berarti ini acara gak cocok buat kita. as simple as that”

kita percepaaattt cerita sampai pengumuman tahap pertama di tanggal 11 Januari 2015. Alhamdulillah namaku ada di pengumuman di website ISYF (ohiya, semua proses seleksi dilakukan oleh Indonesian Students Youth Forum). aku tau namaku ada di website karena dikasih tau sama  temenku anak Tanri Abeng (yang padahal aku juga belum ketemu sama dia) yaitu Dimas Kalimasyada. thanks Dim, kalo gak dikasih tau si Dimas, mungkin aku gak tau kalo aku lolos seleksi ini (karena jarang online pc) :’D

aku kebagian jadwal seleksi tahap dua pada tanggal 14 Januari 2015, berlokasi di ASEAN Youth Centre, Plaza Blok M. seleksi terdiri dari interview in english dan performing arts/sports/cook. Jadi kita boleh pilih salah satu, mau nampilin kesenian daerah, olahraga yang bisa didemonstrasikan di depan juri, atau bawa masakan yang sudah dibuat di rumah. untuk menambah nilai tambah, aku melakukan ketiganya. jadi aku bikin kue tradisional Indonesia namanya kue Klepon di rumah mantan ibu kos aku yang baik hati, kemudian kubawa kue itu saat interview. setelah menjelaskan sejarah kue ke interviewer, aku langsung mempertunjukkan tari daerah yang pernah kupelajari saat kuliah di PGSD yaitu Bungong Jeumpa, dan terakhir aku mendemonstrasikan Kata, yaitu beberapa gerakan seni bela diri Karate. dengan berbekal usaha dan Bismillah, aku berharap semoga bisa terpilih menjadi salah satu peserta, walau rada sedikit underestimate sama diri sendiri karena banyak banget kenalan aku yang lolos juga pas seleksi ini, dan aku tahu mereka itu hebat-hebat banget, jago-jago, keren-keren, udah melanglang buana kemana-kemana. dan aku bukanlah apa-apa dengan kemampuan bahasa inggris pas-pasan ini :’) ku tawakalkan semuanya kepada Allah SWT.

tanggal 17 Januari 2015, malam hari, lagi nginep di rumahnya si Dwi Febrina Fajrin, HP ku bergetar #jrengjrengjreng ada email masuk dari……ISYF office. hatiku deg-degan, kalang kabut, dan sudah mempersiapkan untuk membaca email yang ujung-ujungnya ada kalimat “we’re very sorry that you’ve been rejected/not accepted/push away/kick out…”. tapi semuanya terjawab setelah aku baca email yang isinya seperti ini:

“Dear All,
CONGRATULATIONS!

Having reviewing and considering your application, I am pleased to inform you of your admission to the ASEAN Korea Youth Square 2015. You have been accepted as a participant of the program.

Attached bellow the Letter of Acceptance and Korea Visa Application.

I look forward to meeting you soon in this program. Should still any questions and inquiries, don’t hesitate to contact the committee by sending email into isyf.office@gmail.com.”
ku langsung kaku kayak es batu. terus tiba-tiba jejeritan dalam hati sambil drop my tears because of this spectacular announcement!!! terus tepuk jidat sambil bilang Alhamdulillah, terus sujud syukur saat itu juga!!! ya Allah, bilang Alhamdulillah satu juta kali gak akan pernah cukup bagiku untuk membalas rezeki yang Engkau berikan padaku saat ini :’)
Dua minggu persiapan, mulai dari visa, rancangan booth dan food festival, kostum, souvenir, bla bla bla lainnya aku skip ya.
lanjut ke tanggal 4 Februari 2015, saat dimana pesawat Korean Air kita akan menjemput di bandara Soekarno Hatta tepat pukul 10.00 PM. kita semua delegasi Indonesia (Fuad, Jimmy, Saeful, Putri, Erni, Nadia) ketemuan di Terminal 2 E Soetta. walau belum pernah ketemu, tapi kita semua bisa banget kompakan. serua-seruan. pokoknya I was very excited to met you up guys😀
IMG_1638
Setelah Korean Air mendarat di Incheon International Airport, kita semua disambut oleh dua orang Korean buddies kita, yaitu Kevin Kang dan Yeojin Suh. mereka bawa papan Selamat Datang plus gambar bendera Indonesia. wuih, aku ngerasa spesial karena mereka menyambut kita dengan hangat dan ramah🙂
menginjakkan kaki pertama kali ke luar bandara adalah hal yang gak akan pernah kulupa. suhu disana sekitar minus 5 derajat! woh bayangin, kulkas yang 0 derajat aja udah bikin daging sapi beku. apalagi ini T.T
gak kebayang kan aku dari Planet Bekasi (yang suhunya sama dengan suhu air mendidih) bisa bertahan hidup disana…
IMG_1711
kita naik bus dari Incheon menuju International Youth Centre di Banghwa-Do, Seoul, yaitu semacem hostel buat pemuda internasional yang sedang mengikuti acara dari NYCOK. setelah istirahat sejenak, aku, nadia, dan putri gak tahan buat mengeksplor Korea. jadi, sebelum acara opening dimulai, kita sempet-sempetnya buat jalan2 sebentar ke luar. untungnya ada korean delegates yang baik banget yang mau nemenin kita karena mungkin dia kasihan ngeliat kita mau jalan2 cuma bertiga dengan kemungkinan tersesat atau mati kedinginan hahahaha… namanya Jae Hun.
IMG_1803
percepaatt hingga acara orientasi pertama kali bareng anak2 kindergym IYC. kita mewarnai bendera Indonesia dan Korea bareng2. ahh,, mereka lucu-lucu banget, kayak marshmellow minta diemut-emut. dan mereka sangat aktif. anak-anak ini usia TK yang diasuh oleh NCYOK untuk mengikuti beberapa aktivitas olahraga di IYC. kemudian, sore hari kita opening ceremony yang dibuka oleh Mr. Hahm Jong Han, presiden dari NCYOK. dan malam harinya kita orientation and recreation biar lebih kenal dengan delegasi lainnya.
IMG_1872
IMG_2035
esok harinya, kita semua packing barang, masuk bus, dan pergi menuju Gangwon-Do. sebelum ke Gangwon-do, kita mengunjungi Museum Nasional Korea di Seoul. Museum ini lebih terlihat seperti mall daripada museum. bangunannya sangat modern, dengan berbagai fasilitas lengkap dan teknologi canggih. Wifi dimana-mana, kenceng banget pula! aku curiga anak-anak muda seoul yang dateng kesana cuma buat nikmatin wifi nya doang. eh tapi bener lho, disana banyak banget pengunjungnya, tapi kebanyakan anak-anak muda yang lagi duduk-duduk sambil nunduk megang HP atau laptop T.T
yaa mungkin itu salah satu cara pemerintah Korea agar anak-anak muda mau dateng ke museum. walau awalnya mungkin niat mereka mau internetan, tapi secara otomatis mereka juga pasti akan liat-liat juga kan isi museumnya😀
IMG_2123
setelah mengunjungi museum sampe tengah hari, kita lanjut on the way Alpensia Ski Tower. ini sudah ada di daerah Gangwon-do. Alpensia Ski Tower ini merupakan tempat ski yang akan dipakai buat Olimpiade Musim Dingin di Pyeongchang, Gangwon-Do pada tahun 2018 nanti. tempatnya keren banget!!! ada Ski Jump Tower dimana nanti para atlet ski akan main ski disini dengan ketinggian 900mdpl lebih… WOW!!!
buddy aku si Yeojin takut ketinggian, aku inget saat dia terus2an megangin tangan aku pas kita nyebrang melalui jembatan ski di Alpensia yang bawahnya itu bolong-bolong sehingga pemandangan bagian bawah sangat jelas keliatan.. :’D
IMG_2431
IMG_2295
setelah puas main-main salju di Alpensia, kita lanjut lagi ke Welli Hili Park, yaitu sebuah condominium besar yang terletak di daerah Gangwon-do. kita menginap disini sampai hari senin, karena acara utama kita akan berlangsung disini. Welli Hili Park juga menyediakan fasilitas wahana Ski dan Snow sledding. pokoknya ini tempat keren banget (plus lux banget) yang mana kalo aku travelling pake duit sendiri kesini, YA GAK SHANGGHUP BAYAR T.T
IMG_2493
malam harinya kita persiapan buat booth festival. semua negara (termasuk korea) merancang booth untuk memperkenalkan keanekaragaman budaya masing-masing negara. kita bawa berbagai macam souvenir dari Indonesia yang siap dipajang dan dipamerkan saat booth berlangsung. kita juga bawa cemilan khas indonesia, dan booklet-booklet dari Kementerian Pariwisata RI.
IMG_2551
esok harinya kita semua sudah siap memperkenalkan negara masing-masing. semua delegasi memakai pakaian tradisional khas masing-masing negara. ini semua membuka mataku bahwa begitu banyak dan bervariasinya budaya manusia. Allah SWT menciptakan kita bersuku-suku dan berbangsa-bangsa agar saling mengenal. Jadi, suatu kewajiban bagi kita anak muda buat tau dan belajar banyak dari pemuda-pemuda di negara lain. dan jangan lupakan juga budaya kita sendiri agar kita bisa dengan bangga memperkenalkan budaya Indonesia yang begitu kaya dan indah🙂
IMG_2720
IMG_20150206_211910
siang sampai sore, kita semua disibukkan lagi oleh persiapan Food Festival. kita masak di dalem ruangan yang sudah dirancang panitia agar satu negara satu ruangan. sebelumnya kamar kita dipisah-pisah gitu biar bisa lebih akrab kali ya sama delegasi lain.
Delegasi Indonesia masak tiga jenis makanan. yang pertama seblak dari chef Putri, Soto Padang dari chef Jimmy, dan tentunya kue Klepon dari chef you know who wkwkwkw… tapi, kita semua saling membantu dalam proses masak, jadi semua delegasi ikut masak, termasuk korean buddies kita si Yeojin dan Kevin. aku ajarin Yeojin buat ngebulet-buletin kue klepon. bangga lah bisa ngajarin orang Korea masak kue tradisional Indonesia😀
IMG_20150207_163536
setelah selesai, kita semua menyajikan makanan yang sudah kita masak di depan chef dari Welli Hili Park plus orang NCYOK dan di booth negara masing-masing agar bisa dicoba oleh semua delegasi. aku mencicipi semua makanan (halal) yang disajikan oleh setiap negara. makanan paling enak (selain Indonesia) tentu aja makanan favorit aku dari Thailand, yaitu Tom Yam. hahaha..😀 ada juga Milo Dinosaur dari Singapura yang 1000% milo enakkkk banget… dan ssstttt, aku dikasih sebungkus Banh Pia dari My, delegasi Vietnam. aku dan dia pernah chatting bareng di FB sebelum kita berangkat, dan dia janji bakal kasih aku Banh Pia. tapi aku gak nyangka dia ngasih sebungkus gitu :”) kalian semua harus coba Banh Pia. itu kue enaknya SADISYH banget, apalagi buat kalian pecinta durian. jadi itu bentuknya kayak bakpia tapi lebih gede ukurannya, terus isinya itu adonan duren dan ditengahnya ada kuning telor bebek (ya, ku ulangi: telor bebek) tapi, perpaduan antara kres kres durian sama gurihnya telor bebek itu maknyuussss bangett. untuk yang satu ini aku akui, bakpia indonesia ada di bawah Banh Pia Vietnam untuk ukuran rasa yang mengejutkan!!!
jam 8 malam adalah jadwal Mini Olympics. Staff yang keren-keren banget ini mendesain 5 jenis games yang dilombakan, dengan kelompok yang sudah dicampur dari berbagai negara. disini aku jadi bisa lebih deket lagi dengan delegasi negara lain. dan…. Alhamdulillah kelompok aku menang juara ke-3 dan dapet hadiah Passport Case yang unyu, ihiyyy…
dan esok harinya…Voila!!! Time to skiing and snow sledding!!! ini adalah pengalaman skiing pertama kali dalam sejarah hidup aku (dan kebanyakan delegasi, karena negara ASEAN kan gak ada salju, jadi sedikit yang udah pernah nyobain main ski). kita dipinjemin semua peralatan ski sebagai salah satu fasilitas dari Welli Hili Park. main ski itu sumpah, SUSAH BANGET. aku berkali-kali jatoh saat latihan. dan sialnya, kalo kita udah jatoh ya bakal susah lagi buat berdirinya (dengan sepatu kita nempel dengan papan ski), jadi kalo jatoh perlu ada orang yang bangunin buat berdiri lagi. tapi, alhamdulillah setelah beberapa saat latihan, aku bisa juga sedikit-sedikit main ski.
setelah makan siang, kita dikasih waktu buat snow sledding. wahana snow sledding ini adalah tempat semacem perosotan es. ini jauh jauh jauh lebih mudah ketimbang skiing. kita cuma tinggal duduk dan merosot aja, bahkan aku sampe sempet-sempetnya ngerekam pake camcorder pas lagi meluncur di snow sledding.
salju dimana-mana, dingiiiinnnnn bangeeettttt. suhu disini jauh lebih dingin daripada di Seoul. disini bisa mencapai minus 18 derajat!!!! sampe tuh ya aku ingusan, terus pas ingusnya keluar langsung beku gitu, inget film spongebob ketika episode dimana spongebob dan patrick terjebak di dalem rumah sandy yang lagi musim salju? trus patrick ingusan dan ingusnya bisa dijadiin sumpit? nah itulah yang aku rasakan disana. hahahaha….
IMG_20150208_135810
(foto2 pas skiing ada di hp)😥
malem harinya kita party night di aula welli hilli park. disana ada lomba Men in Women attire contest. Yap, jadi ada kontes cowok pake baju2 cewek disana… dan absolutely yang menang adalah negara Thailand, cowoknya sangat profesional banget banget ketika jadi cewek. dan dia sangat jago make up dan berpakaian ala wanita :’D
IMG_2963
dan besoknyaa adalah hari terakhir kita di Welli Hili Park. kita semua check out pagi jam 9 kemudian cabut menuju Seoul. setelah sampai di IYC lagi, taro koper dan bla bla lainnya, delegasi Indonesia plus Kevin dan Yeojin jalan-jalan ke pusat kota Seoul, karena jadwalnya memang Seoul Free City Tour. kita naik subway (kereta bawah tanah) yang makan waktu hampir satu jam menuju sebuah bangunan bekas kerajaan di dinasti Joseon (kalo ada yang udah pernah nonton drama korea Rooftop Prince pasti tau) daannn pas banget momennya karena disana mereka lagi ngadain upacara pergantian prajurit. ditambah lagi hujan salju mulai turun di Seoul. ahh… romantis dan keren banget!!! berasa ada di drama-drama korea gitu :’D
IMG_3066
???????????????????????????????
setelah puas foto-foto, kita makan siang di sebuah restoran Korea. disana pertama kalinya aku makan Bibimbap. rasanya? ya lumayan lah.. tapi jujur aku lebih suka masakan Indonesia daripada Korea. bahkan, dibandingkan sama makanan2 Thailand, makanan Thai lebih aku suka dibanding masakan Korea. abis makan, ada hujan salju lagi akkk… dan hujan saljunya lebih banyak daripada waktu di kerajaan itu. disitu baru terasa negara sub-tropisnya😀
abis itu kita lanjut jalan lagi ke Insadong. ini semacem pusat belanja di Seoul (jadi kayak Tanah Abang gitu kalo di Jakarta). disana kita gak punya banyak waktu buat belanja #hikshiks karena waktunya sangat mepet, malemnya kita mesti closing ceremony di IYC. jadi kita cuma punya waktu sekitar satu setengah jam buat belanja disana.
pulangnya kita naik subway lagi. pas nyampe di subway yang terdekat dengan IYC, kita semua nyempet2in buat mampir ke supermarket sekitar situ buat beli snack2 ringan sebagai oleh-oleh. karena harga snack di supermarketnya lumayan murah (sudah kita survey di malam pertama pas baru nyampe Seoul).
IMG_3028
IMG_20150209_133600
IMG_20150209_130540
IMG_20150209_124702
jam 6 sore, kita udah siap di dalem aula IYC pake baju tradisional (dan ada juga yang pake baju formal). disana kita ngedengerin closing remarks dari presiden NCYOK lagi, daannn… yang paling menyentuh adalah para staff buat video dikumenter selama kegiatan disana, plus video singkat dari para Korean buddies. aku disana nangis (karena pada dasarnya aku gampang banget tersentuh) apalagi pas liat bagian Yeojin ama Kevin. syeddihhhh banget ini malam terakhir kita😥
IMG_20150209_173403
setelah upacara penutupan, pembagian sertifikat, dilanjut dengan kita bikin lingkaran sambil megang lilin artifisial plus lampu dimatikan, kita curhat-curhatan disana. abis itu kita dibagiin kertas besar yang bisa ditulisin pesan-pesan dari delegasi lain. ahhh pokoknya sad momen banget lah😥 kita juga gift exchange saat itu. aku ngasih kaos barong jogja dan gantungan kunci buat kevin, dan ngasih hal yang sama ke Yeojin tapi ditambah bahan Batik Keris, jadi dia bisa bikin baju dari bahan batik itu🙂
aku ama Yeojin nangis-nangisan saat itu, karena aku ngerasa dialah Korean delegate yang paling deket sama aku. aku banyak menghabiskan waktu sama dia karena dia yang ngedampingin delegasi Indonesia, plus dia jadi roommate aku selama di Welli Hilli Park. kita bikin janji kalo ini bukan terakhir kalinya kita ketemu, tapi kita bakal nabung buat bisa ketemuan dan jalan-jalan bareng lagi, di Korea dan Indonesia. Yes, Yeojin, wait me, I’ll save my money and then travel around Seoul again :”)
IMG_3090
IMG_3093
IMG_20150209_224931
aku dapet banyak souvenir dari delegasi2 lain. bahkan aku dapet banyak uang kertas dari berbagai negara, ada filipin, myanmar, kamboja, thailand, dll. Kevin dan Yeojin ngasih gantungan ala-ala korea gitu buat kita (delegasi Indonesia) semua, plus Yeojin ngasih aku dua belas bungkus masker korea, ada masker madu, masker timun lah, dan apalah gitu (ku jarang banget maskeran sebenernya, jadi gak tau banyak soal jenis-jenis masker) hehehe.. semoga muka aku bisa semulus dan sekinclong si Yeojin setelah pake masker2 ini #yekaliiii… hahahhaa
besoknya.. time to say goodbye. oh No! ini cuma perpisahan sesaat! kita semua yakin, suatu saat kita bisa ketemuan lagi, dalam acara keren ataupun cuma jalan2 mengunjungi negara masing-masing. Bismillah!!!
lalu kita semua naik bus ke Incheon di antar oleh masing-masing Korean buddies…
IMG_3123
Thanks to NCYOK, korean buddies, and all delegates. y’all guys mean a lot for me, you treat me like a family. So, if you come to Jakarta, just contact me and I’ll be your tour guide for free. if u need any information about Indonesia, do not hesitate to contact me🙂 and also i want to say thanks to all STAFF, oh my God you did a great job, guys. espescially for Sun Min Park eonni as the staff director, you are really nice, humble, dan strong women!!!
padahal panitianya cuma berjumlah 10 orang, tapi bisa mendesain dan mewujudkan acara ini jadi super keren dan well prepared!!!
This is not the end, it is beginning. Let’s be a great young leader at each country so we can build our country to become stronger!!!
IMG_2698
P.S.: semoga kalian yang baca suatu saat bisa ke negara yang ingin kalian kunjungi🙂

16 thoughts on “The 16th ASEAN-Korea Youth Square, ASEAN-Korea Future Oriented 2015

  1. Aah keren~~ thanks for sharing your experience kaak ^^ aku jg daftar thn ini tp ga lolos:”( semoga tahun depan aku bisa lolos yah hehehe ^^

    • tetep semangatt🙂 insha Allah kamu akan dapat yang lebih baik dari ini… saya pun sering gagal di beberapa acara dan dijawab oleh Allah ya di acara ini… jadi tunggulah dengan sabar dan terus berusaha maksimal🙂 salam kenal…

  2. Wahh ka rindah keren bgt.. jdi png deh.. kmren sempet ikut tpi sayangnya ngga lolos😥 , klo boleh minta email kk dong, siapa tw bisa konsultasi hehehe.. mksih:)

  3. Ini inspiratif bgt, kak. Bismillah, mau kerja keras biar bisa ke sana juga 😊 btw, aku penasaran waktu kakak bilang “belajar tari di PGSD” kakak jurusan PGSD di mana? Kebetulan aku mahasiswa PGSD jg di UNJ 😀

  4. Insipratif bgt, kak! Bismillah, mau kerja keras supaya bisa ke sana juga 😊 btw kakak jurusan PGSD di mana? Kebetulan aku juga ambil jurusan PGSD di UNJ hehe salam kenal ya, kak 😀 pengennya sih sharing lbh byk nih sm kakak hehe

  5. Keren banget kak :”) tahun lalu aku juga ikut tapi belum lolos hehe. Semoga tahun ini bisa dikasih kesempatan😀 btw Happy new year yaa kak. Salam kenal🙂

    • hello putu! thanks for reading… salam kenal juga.. wah semangat ya! kalo di Filipina, AKYS 2016 pendaftarannya udah dibuka… nah gatau nih di Indonesia sudah dibuka apa belum, dan apakah yang nyeleksi bakal dari ISYF lagi atau bukan… Yet, i wish you’ll get this one, soon🙂

Tinggalkan Balasan

