2nd ASEAN Science Camp, Bangkok (Day 1)

ascAku ingat ketika dulu, di tahun pertama kuliah, ada seniorku yang sering bolak-balik ke luar negeri bilang “tulis saja mimpi kamu, apa saja, di sebuah kertas, lalu tempel di lokasi yang ketika kamu bangun tidur, maka akan otomatis terbaca”. Awalnya aku pikir rada konyol juga, dan malu juga kalo ada temen yang masuk ke kamar kosan aku dan liat daftar mimpi-mimpiku. Tapi, karena tekadku sudah bulat, dan pengen banget nyobain naik pesawat terbang ke luar negeri, akhirnya kulakukan juga apa yang disuruh seniorku itu.

Aku tak menyangka, tahun 2014 merupakan tahun pertama aku bisa mencicipi indahnya ciptaan Allah di negara lain. seperti yang sudah kutulis pada post sebelumnya, aku lolos seleksi untuk menjadi peserta ASEAN Science Camp 2014 di Bangkok, Thailand. ini merupakan kali pertama aku naik pesawat, kali pertama pula aku ke luar negeri. semuanya serba kali pertama😀 Alhamdulillah, aku telah memberikan rezeki yang sangat besar untukku agar bisa belajar, menambah pengetahuan dan wawasan, serta memperluas jaringan pertemanan di negara-negara ASEAN. memang, rezeki Allah kadang tak terduga, tak cukup rasanya aku setiap hari berterima kasih pada-Nya, Alhamdulillah.

Minggu, 15 Juni 2014 pukul 03.30 WIB dini hari, aku diantar oleh Bapak, Mama, dan Padhe ku ke Terminal Bus Kayuringin, Bekasi, untuk naik pemberangkatan pertama Bus Damri menuju Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng. Koper yang cukup berat aku angkat sendiri, namun aku tidak merasa keberatan karena tertutup oleh luapan rasa bahagia yang membuncah, mengingat aku akan bertemu dengan peserta lainnya. Sampai di Bandara Soetta pukul 05.00 WIB, aku akhirnya menemui beberapa peserta/campers, ada kak rika, cici, nanda, denyar, karina, wicak, dll. kami semua langsung saja akrab, padahal baru pertama kali kenal (begitulah bagi orang-orang yang punya satu visi, pasti bisa langsung akrab). Oya, aku juga bertemu dengan Mas Setiawan, Presiden dari AYFN Indonesia sendiri. Karena ada dua penerbangan yang berbeda, maka kami berpisah. aku bersama teman-teman dengan penerbangan yang sama (Air Asia) langsung menuju pesawat. aku excited banget (plus sedikit norak) melihat pesawat terbang tepat di ujung hidungku. Setelah menemukan kursiku, alhamdulillah juga aku dapat kursi di samping jendela, aku duduk  santai. walau ini pesawat kelas ekonomi tapi aku tetep senang (maklumlah baru pertama kali naik pesawat, heheh). Dan ternyata si denyar duduk di sampingku. ini anak antara baik sama kalem banget, hahahha. Jujur aja, aku kedinginan di dalem pesawat sampe-sampe kebelet melulu😀

Perjalanan JKT-BKK sekitar 3 jam. setelah hampir sampai di Bangkok, aku sempat memfoto pemandangan Bangkok dari udara. lumayan rapi, yang paling menarik adalah Sungai Mekong, sungai terpanjang se-ASEAN. sungai mekong ini jelas banget keliatan dari atas dan juga aku ter-waw-kan karena panjang plus lebar (Sungai Mekong ini melewati 3 negara ASEAN). sesampainya di Bandara Don Mueang, Bangkok, kami disambut oleh 3 orang panitia camp, yaitu May, Prist, dan Boat. mereka ramah-ramah banget. satu momen memalukan yang aku ingat adalah, ketika aku pertama kali ketemu mereka, aku mengulurkan tangan dengan refleks karena itu tradisi Indonesia kan kalo baru kenal sama orang, dan aku didiemin sama mereka!!! zong moment banget -_-‘ dan aku baru sadar kalau di Thailand kan tradisinya bukan jabat tangan, tapi merapatkan telapak tangan di depan dada sambil nunduk dikit (kayak ikhwan sama akhwat kalo lagi papasan, hahahaha). abis awkward momen itu, akhirnya kita digiring naik bus kampus, tujuan pertama adalah CU iHouse (Chulalongkorn University International House) yaitu asrama/hotel untuk mahasiswa internasional kampus Chulalongkorn. di bus, kami saling memperkenalkan diri satu per satu, dan mulai mengobrol tentang segala hal (untuk mengakrabkan diri).

Kesan pertama saat aku sampai dan lihat pemandangan Bangkok dari kaca jendela bus adalah, sama aja kayak Jakarta😀 sebagai Ibukota, pasti pemandangannya gak jauh beda, yaa banyak gedung pencakar langit, macet, bus mobil motor wara wiri, polusi, dan puanaass…. tapi aku rasa, Bangkok lebih panas ketimbang Jakarta, entah memang karena dasarnya panas atau karena mereka lagi menghadapi musim panas. tapi kayaknya sepanas-panasnya Jakarta sih kayaknya gak bakal sepanas ini😀

Tapi aku menikmati semuanya. setiap detik disana aku resapi, karena aku gak mau perjalanan ini sia-sia.

SAM_0829 SAM_0830Sesampainya di CU iHouse, kesan pertamaku adalah WAW. karena tempatnya kayak hotel, free wifi, bersih, dan kamarnya kece badai. Fasilitasnya oke punya, ada tivi, kulkas, AC, dan kamar mandinya maknyus lah. untuk ukuran mahasiswa dengan kantong pas-pasan kayak aku dan jarang nyoba hotel, jadi aku merasa ini enak banget. Aku mendapatkan kamar paling ujung di lantai 6. aku dapet roommate namanya Danti, mahasiswi perikanan Unpad. saat aku sampai di kamar, Danti belum dateng, karena dia beda jadwal penerbangan. setelah rapi-rapi baju dan segala macem, aku nikmati pemandangan dari CU iHouse lewat balkon kamarku yang cukup luas. setelah itu, aku ketiduran sekitar dua jam sampai akhirnya ada yang mengetuk pintu, itulah Danti. akhirnya dia sampai juga hehehehe. lanjut aku PDKT sama danti biar kita selama seminggu ini jadi roommate yang saling nyaman dan asyik plus pengertian, hehehehe…

SAM_0835 SAM_0840 SAM_0843sore hari setelah sholat ashar, aku diajak kak rika dan cici untuk jalan-jalan menikmati sekitar Bangkok. ya memang, di hari pertama ini kita belum ada jadwal apa-apa, karena di schedule acara kita dimulai pada hari senin, 16 Juni. kita masuk ke Siam Night Bazar (yang belum buka semua tokonya) dan nyobain semacem pop ice bubble gitu disana, rasanya unik-unik, ada rasa plum, bunga mawar, green tea, dll. setelah puas jalan-jalan, kita balik lagi ke CU iHouse, sholat maghrib dan bersih-bersih. selang beberapa saat, akhirnya Sabrina dateng, temanku dari Jakarta. sebelum acara ini dimulai, aku sama sabrina udah ketemuan di FX Sudirman, ya untuk sekedar kenalan aja biar nanti lebih akrab disana. setelah itu aku diajakin sabrina untuk ikut jalan-jalan malam bareng 3 orang panitia dari Thailand, yaitu Mart, Tarn, dan (maaf satu lagi lupa😥 ). Kita dinner di Sam yan Market. disanalah, pertama kalinya aku nyicipin berbagai jenis masakan Thailand (tentunya yang kami pesan halal semua), rata-rata makanan yang kami pesan adalah seafood dan sayuran. Disana juga kita ketemu lagi sama peserta lain yang baru datang, ada Elysa, Tam dong vu dan Huyen dari vietnam, ada juga Hong dari singapura, dll. walaupun dengan bahasa inggris yang pas-pasan, kami mencoba untuk saling akrab dan ngobrol apa aja, mulai dari makanan, film, pelajaran, semuanya kita bahas hahahaha… seruu banget, ketemu banyak temen, kenalan, menjadikan mereka sahabat, dan berbagai ilmu pengetahuan.

SAM_0850 SAM_0851 SAM_0853 SAM_0854 SAM_0856 SAM_0859 SAM_0864 SAM_0865

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Subhanallah, malam pertama di Thailand sungguh mengesankan. ditutup dengan beberapa peserta Indonesia ngumpul di kamarku dan danti hanya untuk ngobrol dan makin mengakrabkan diri. bahagia banget punya keluarga baru. dan setelah itu kami pun istirahat di kamar masing-masing untuk menyiapkan diri pada acara besar kami esok hari, the real 2nd ASEAN Science Camp 2014🙂

1402894751330 SAM_0871 SAM_0872

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Maka, Nikmat Tuhanmu manakah yang kamu dustakan?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s