Cemburu Pemompa Semangat !

Hallo.. tulisan ini tidak ada hubungannya dengan cemburu-cemburu versi virus merah jambu ya. plis jangan senyum-senyum dulu deh B-)

Gengs, pernah gak sih kalian cemburu?

sebelum dijawab, aku akan coba jelasin sedikit definisi cemburu nih. kalo menurut KBBI, cemburu itu diartikan sebagai orang yang merasa tidak atau kurang senang melihat orang lain beruntung. dilihat dari artinya secara etimologis, cemburu itu mengarah pada kecendurungan sifat yang negatif. orang yang cemburu akan merasa iri, sirik, dan tidak senang melihat apa yang orang lain miliki. lalu, apakah cemburu itu baik? bolehkah kita cemburu? apakah ada cemburu yang bersifat positif?

images

 

 

 

 

 

Jawabannya adalah, tergantung respon yang kita berikan setelah kita cemburu. misal, ada teman kita yang bawa mobil ke kampus/kantor, dan mobil itu adalah mobil idaman kita. so pasti kalo orang normal pasti langsung cemburu ya, tapiii….  sikap kita akan diuji apakah kita mau menyalurkan rasa cemburu itu ke arah yang negatif atau positif. Manusiawi jika kita cemburu, namun kita juga harus smart dalam menangani rasa cemburu kita itu. kalo kita membawa rasa cemburu kita itu ke arah yang negatif, sudah ketahuan kelanjutannya… kita pasti akan iri banget, terus gak rela kenapa dia yang dikasih rezeki mobil bagus itu, mulai menyalahkan diri sendiri, keluarga, bahkan Tuhan, dan langsung berpikiran negatif pada teman kita itu (contohnya “ah, palingan juga dapet dikasih ortunya bukan pake duit sendiri!” atau “jangan-jangan hasil korupsi, tuh?”). Nah, kabar buruknya adalah, rasa cemburu sangat berhubungan baik dengan negative thinking. tapi bukan berarti kalo kita nggak bisa ngalahin cemburu ini.

images (1)

Berbeda kalau kita membawa rasa cemburu ini ke arah yang positif. otomatis segalanya akan berubah, mulai dari pola pikir hingga tindakan kita. kalo kita berpikir positif, pasti kita tidak akan berprasangka-sangka tentang asal muasal mobil teman kita itu, dan sebaliknya justru kita akan lebih fokus terhadap tindakan nyata apa yang bisa kita lakukan di kemudian hari agar bisa meraih impian kita itu juga (dalam hal ini mobil idaman). kita pasti akan berpikir “wah, hebat juga tuh doi bisa beli mobil itu! suatu saat aku juga harus dapetin mobil itu!” atau “ya Tuhan, semoga Kau memudahkan rezeki-Mu kepadaku agar aku bisa membeli mobil yang aku inginkan”. daann sudah jelas langkah selanjutnya pun kita nggak akan ngomongin teman kita itu di belakang, justru kita akan deketin dia dan tanya-tanya soal mobil itu, berapa harganya, dimana belinya, jadi kita bisa memperkirakan berapa uang yang mesti kita kumpulkan untuk membeli mobil itu.

images (4)

 

 

 

 

ada banyakkk banget jenis-jenis cemburu di dunia ini. contoh di atas hanya salah satu aja. dan mungkin temen-temen punya definisi dan jenis cemburunya masing-masing.

ada juga yang punya anggapan bahwa cemburu itu ya PASTI sifatnya merusak. tapi, balik lagi ke statement aku sebelumnya bahwa, merusak atau tidaknya cemburu itu tergantung respon yang kita berikan. intinya, jika kita bisa mengelola perasaan cemburu kita itu ke arah yang lebih baik, justru itu bisa menjadi bahan yang bisa memompa semangat kita.

itu intro tentang cemburu, nah ini baru the real story telling-nya…

Jadi gini, aku seriiinggg banget merasa cemburu. setiap kali aku ngeliat orang-orang yang mengagumkan dengan prestasi cemerlang, aku langsung cemburu. memang benar, mengarahkan rasa cemburu itu ke arah yang positif itu susah banget, dan butuh berkali-kali latihan. alhamdulillah, aku bisa mengarahkan rasa cemburu itu ke arah yang lebih baik.

setiap semangatku lagi nge-down, aku pasti langsung searching alias kepo-in orang-orang hebat. dengan ngelihat profil orang-orang keren, semangatku langsung terpacu, emosiku langsung terpompa, dan aku langsung merasa bagai butiran debu banget di dunia ini (oh my God why….) -__-”

rasa cemburu ketika melihat orang-orang lain sudah bisa menggenggam cita-citanya satu persatu, memompa diriku untuk keep moving forward. nggak cuma itu, kadang mereka suka kasih inspirasi ke aku biar aku bisa tetap aware dalam menjalani hidup ini. orang-orang hebatnya nggak jauh-jauh kok, nggak harus orang luar negeri dari negeri antah berantah kayak Pangeran William, Anne Hathaway, Nelson Mandela, atau Mahatma Gandhi. of course mereka memang menginspirasi, tapi terkadang orang-orang yang terdekat pun bisa membuat kita cemburu dan menginspirasi kita.

aku selalu cemburu tiap ngeliat kakakku rajin sholat dhuha, aku selalu cemburu tiap liat adikku jago banget urusan komputer, aku selalu cemburu tiap liat sahabatku ada yang jago masak lah, jago bahasa inggris lah, jago ini itu lah.. bahkan aku suka cemburu sama temen-temenku yang bisa sabar, bisa calm down, bisa menikmati hidup, dan bisa-bisa lainnya. semua rasa cemburu itu bagaikan alarm buatku untuk tidak malas. coba aja kalau aku sama sekali ngga cemburu dengan mereka semua, otomatis aku bakal jadi orang yang apatis, stuck, dan gak mau untuk keep moving forward. walhasil, aku bakal tetep stay di comfort zone aku dan stuck in the moment. ckckckck…

so, menurutku perlu banget sesekali kita cemburu melihat pencapaian orang lain. kita perlu merasa HARUS melakukan kebaikan-kebaikan yang telah orang lain perbuat. alihkan rasa cemburu itu ke arah yang positif dan jadikan rasa cemburumu itu sebagai pemompa semangatmu untuk terus berjuang meraih apa yang kau impikan !!!

images (3)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s