#YERT2013JKT, memorable, lovable, unforgettable!

28-29 Desember 2013

adalah hari dimana kami berbagi

dalam satu waktu, meminang segala ilmu

ketika semua orang terbuai dalam liburan

kami sempatkan, untuk berikrar

“Muda, Mendidik, Membangun Bangsa”

Yap, dua hari kemarin adalah hari dimana saya dan sekitar 45an pemuda/i lainnya mengikuti program training YERT (Youth Educators Regional Training) bertajuk What Would You(th) Educators do?. acara ini diselenggarakan oleh pemuda/i yang tergabung dalam Youth ESN (Educator Sharing Network). di tahun 2013 ini, YERT diadakan di beberapa kota-kota besar, seperti jakarta, aceh, lampung, solo, semarang, dan lain-lain. dan saya lolos untuk regional Jakarta.

Hari pertama, sabtu 28 desember 2013.

acara diadakan di aula gedung B Univ.Siswa Bangsa Internasional (USBI). saya datang sendirian dengan menggunakan metromini 62 (manggarai-pasar minggu) dan saat itu saya nggak tau lokasi tepatnya USBI. untungnya pak sopir tau dan saya pun turun di depan gerbang Mulia Bussiness Park, tempat dimana USBI berada. alhamdulillah sampai tepat pukul 8 pagi. awalnya saya grogi juga, dan sempet shock gara-gara pintu kampus USBI dikunci dan ini sepi banget. saya coba cari-cari jalan lain, tapi nggak ketemu juga. nah pas udah mau hopeless, datanglah dua orang bidadari dari arah gerbang, dan saya langsung minta kenalan aja sebelum kita semua canggung dengan pertemuan itu. yang pertama adalah Fitri dari UNY dan Ayu dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. waw, dua orang hebat ini datang jauh2 dari jogja demi acara YERT, sodara2!! kerennn… akhirnya saya, ayu, dan fitri keliling2 USBI untuk cari pintu masuknya. kemudian kita ketemu dengan bapak-bapak yang sepertinya petugas USBI, kita tanya gedung B dan sekalian pintu masuknya, akhirnya dikasih unjuklah kita dengan Gedung B USBI #jrengjrengjreng…

hal pertama yang saya rasakan setelah masuk USBI adalah: DINGIN. sumpeh, ini kampus atau mall nih? dingin banget serius. bener kata panitianya, perlengkapan yang dibawa salah satunya adalah jaket karena ruangan sangat dingin (iya, di emailnya kata-kata ini pake bold juga).

setelah sampai, kita semua registrasi, dikasih ID Card dan goody bag. setelah beberapa menit kita nunggu, akhirnya dimulailah acara YERT 2013 JKT dengan ucapan basmallah: bismillahirahmanirahim

Hari pertama ada dua tema yang dibahas, yaitu Global awareness dan education to employment. sebelum masuk ke materi, kita diajak ice breaking dulu, trus sedikit2 perkenalan, dan beberapa pembukaan lainnya. setelah itu lanjut ke materi. pembicara pertama yaitu pak Dahli Ahmad, seorang guru, dosen, dan pemerhati pendidikan. pak Dahli ini, walau sudah sangat senior, tapi tetep semangat memberi inspirasi kepada kita yang muda-muda. dia juga mengajar anak-anak muridnya di MTS dengan metode yang modern, sama sekali jauh dari kesan konvensional. keren banget pokoknya! kita semua jadi lebih peduli lagi untuk menjadi pendidik yang nggak hanya mendidik aja, tapi juga menginspirasi murid-murid kita.

pembicara kedua yaitu mbak Puji. mbak puji ini juga ngga kalah keren. di usia muda aja dia udah mengembangkan bisnisnya di bidang kuliner, yaitu nugget sayur. selain itu juga mbak puji dapet beasiswa unggulan untuk kuliah S2 di UGM lho.. oleh mbak puji, kami semua dibawa ke dunia technopreneurship. intinya adalah, pendidikan bisa membawa kita ke gerbang kesuksesan, asalkan kita mau belajar, berusaha keras, dan banyak berdoa. dan sebagai pendidik, kita nggak harus mendidik thok tapi juga kita bisa menciptakan peluang usaha lewat berbisnis. salut buat mbak puji!!

setelah itu, waktunya ISHOMA. saya sholat dzuhur bersama temen2 YERT lainnya. baru beberapa jam aja kita semua udah akrab banget. dan sebagian peserta YERT udah saya kenal.. abis solat kita langsung makan siang yang sudah disediakan panitia. makan sambil diskusi bareng peserta YERT itu cool abis, ada yang sharing kalo dia ngajar orang2 (maaf) gila, ada yang volunteer ngajar anak2 jalanan, ada yang punya bisnis tas yang cukup menjanjikan, dan masih banyak cerita-cerita lainnya. berbagi pengalaman bersama orang2 hebat ini membuat saya termotivasi untuk terus menambah prestasi😀 #doakansayaya!!!

abis ishoma, kita semua membahas tentang six thinking hats atau 6 topi berpikir. kita dibuat menjadi beberapa tim yang nantinya akan membahas suatu masalah dan menyelesaikannya dengan perspektif six thinking hats. saya kebagian tim topi kuning, yaitu topi yang memiliki cara berpikir positif, optimis, dan selalu mencari keuntungan-keuntungan dan nilai-nilai dari suatu masalah. selanjutnya kita presentasi gitu tentang hasil diskusi kita. (mau tau 6 thinking hats lainnya? klik disini)

acara selanjutnya yaitu istirahat sholat ashar plus coffe break.

setelah istirahat sholat ashar, peserta YERT dibagi menjadi dua. satu grup untuk membahas topik education, dan satu grup lagi membahas topik economy. saya kebagian yang economy. disana kita membahas isu-isu tentang economy, plus cari solusinya. di dalam grup economy ini kita juga dibagi-bagi lagi ke dalam beberapa kelompok. acara ini berlangsung sampai jam 5 sore. setelah itu, kita berkumpul di loby untuk mengikuti acara SOKRAB yaitu sore keakraban. kita main games, diskusi, dan mengenal lebih dekat satu sama lain, dan pastinya nggak lupa foto-foto (hehehe)

Image

Image

Hari kedua, 29 Desember 2013

Hari kedua ini, kegiatan awal gak jauh beda dari hari pertama. bedanya, hari kedua ini kegiatan kita full workshop. ada basic activity planning dan presenting with impact. kita semua dibentuk kelompok-kelompok lagi dan ini beda dari kelompok yang kemaren. nama-nama kelompoknya juga lucu-lucu banget, mulai Kwak, Kwik, Kwuk, Kwek, Kwok, dan Kwak-Kwak (apa banget nih panitia namainnya, tapi kocak juga sih).

nah sebelum kita memulai workshop, ada pembukaan (lebih tepatnya ceramah) dari kak firzie, MC kita, yang super lebay tapi kocak, tentang pengangguran intelektual di indonesia. jadi ada sekitar 6 ratus ribuan pengangguran di indonesia itu adalah orang-orang yang berpendidikan, mulai dari D3,D4, sampe S1 !! waw, ternyata ada GAP antara sarjana dengan perusahaan pemberi kerja, ada apakah ini?? dan kita semua berjanji setelah lulus kuliah nggak bakal nambahin angka pengangguran itu. ikrar yang penuh semangat dari kami semua membuat saya terenyuh, betapa banyak pemuda/i yang peduli, dan saya bahagia berada di tengah-tengah mereka :’) kita juga bareng2 nyanyi lagu AKU PASTI BISA … #yeahh

Image

lanjut, kelompok saya adalah kelompok Kwik. terdiri dari kak yossi dari UNJA, rio dari UI, deddy dari YARSI, Rana dari ITB, dan kak Dhio dari Atmajaya. kita semua berkelompok sampai workshop yang kedua, presenting with impact. di workshop yang pertama kita membuat presentasi tentang masalah sosial pendidikan, analisis plus cari ide baru untuk menyelesaikan masalah itu secara detail. dan di workshop kedua kita membuat presentasi tentang analisis video yang isinya pak Ridwan Kamil (walikota bandung) sedang presentasi, kita analisis apa kelebihannya, kekurangannya, hal yang menarik, dan tambahan-tambahan apa yang diperlukan untuk memperbaiki presentasi pak ridwan. dan saya terkagum-kagum dengan pak ridwan kamil, walikota bandung yang berpikiran modern dan futuristik, presentasinya pun keren dan gak bikin bosen!

Image

Image

oya, disela-sela antara workshop 1 dan 2, panitia ngadain lomba baca puisi gitu tentang education to employment. yang mengikuti lombanya itu 4 orang, yaitu kak Aye dari ITB, kak Afif dari UI, Ghia dari UNJ, dan saya (iya, saya). dan alhamdulillah, saya terpilih untuk menjadi pemenang lomba baca puisi, juri-jurinya tak lain tak bukan adalah panitia dan seluruh peserta YERT JKT. wah, saya bersyukur banget sama Allah karena saya bisa dapet kesempatan untuk menang. saya boleh milih buku yang ada di meja pembicaranya, ada 4 pilihan buku disana dan saya sempet bingung juga mau pilih yg mana. setelah pertimbangan yang lama (dan desakan dari penonton karena saya milih bukunya kelamaan, haha) akhirnya pilihan saya jatuh pada buku karangan Adam Khoo dengan judul Change your mindset, make your destiny. terimakasih semuanya :”D

Image

ini bareng viya, afif, dan kak aye yang menang lomba live twit sepanjang acara yert.

setelah semua acara di hari kedua selesai, kita semua peserta YERT foto-foto. aahhh nggak terasa kebersamaan ini sudah selesai aja.. kita semua juga mengisi ikrar-ikrar yang akan kita lakukan setelah acara YERT ini diatas sebuah kertas besar dengan logo Youth ESN. alhamdulillah dapet sertifikat juga, tapi yang lebih penting di atas itu semua adalah: ILMU, PENGALAMAN, DAN PERTEMANAN. itu semua akan saya jaga baik-baik sampai akhir hidup ini.

Image

Image

selamat berpisah teman-temanku, terima kasih atas dua hari yang luar biasa ini. tak lupa juga terima kasih kepada panitia yang dengan sabar dan kreatif membuat acara ini menjadi lebih hidup dan bermakna🙂🙂😀

Image

sampai jumpa di puncak kesuksesan !

2 thoughts on “#YERT2013JKT, memorable, lovable, unforgettable!

Tinggalkan Balasan

