Model United Nations 2013 @america, Pasific Place

Image

Minggu, 24 November 2013, saya dan dua orang teman (Aldina dan Deena) mengikuti sebuah acara yang diadakan oleh ISAFIS (Indonesians Student Association for International Studies) bekerja sama dengan @america (Pusat kebudayaan Amerika di Jakarta), yaitu MUN atau Model United Nations. Kegiatan yang dilakukan pada acara ini yaitu melakukan simulasi sidang seperti saat para delegasi dari tiap negera melakukan sidang di PBB/UN. 

Untuk menjadi peserta MUN ini, yang perlu dilakukan adalah mengisi formulir yang sudah disediakan oleh panitia, kemudian panitia akan menyeleksi pesertanya. Kegiatan MUN ini semuanya full english, tapi sebagai peserta tidak ada kewajiban kalian harus aktif dalam berbahasa inggris. jadi, bagi kita-kita yang masih kurang lancar berbahasa inggris pun memiliki kesempatan untuk acara ini (yeay)!

Image

Setiap peserta yang dikonfirmasi nantinya akan diberikan email berisi surat undangan dan list negara yang akan kita representasikan. kebetulan saat itu saya kebagian untuk merepresentasikan negara Central African Rep. atau Republik Afrika Tengah. 

Tema yang diangkat adalah “Developing Renewable Energy”, yaitu bagaimana caranya kita (setiap negara) mencari tahu point penting dalam melakukan pembangunan energi yang dapat diperbaharui (seperti air, udara, panas matahari, dsb) dan membahas dampak yang selama ini telah kita alami akibat dari pemakaian energi yang berasal dari fossil fuel (bahan bakar yang berasal dari fosil, seperti batu bara, minyak tanah, dsb).

Sebelum kami melakukan simulasi MUN, ada beberapa materi yang disajikan terkait dengan tema yang akan dibahas nanti. Pembicaranya yaitu Mr. Joel. Kopp dari staff kedubes USA, ada Bapak Bobi A. dari staff DPR, dan satu lagi Bapak yang dari IBEKA (saya lupa namanya). Mereka memberikan beberapa materi yang kami jadikan bekal untuk diskusi selanjutnya.

Dalam simulasi, berbagai perdebatan pun terjadi, ada juga yang menyampaikan pendapatnya tentang dampak apa saja yang akan terjadi demi keuntungan maupun kerugian negara representasinya. sangat seru sekali, apalagi semua peserta menggunakan bahasa inggris full. sejujurnya, saya tidak terlalu fasih dalam speaking english, namun dengan adanya acara ini saya belajar banyak bahasa inggris, dan tak lupa menambah temen-temen yang jago bahasa inggris😀 saya jadi punya kenalan temen anak-anak UI, UNPAD, IPB, UIN Jakarta, bahkan ada juga yang alumni (alumni Univ. katolik atmajaya).

Image

Peserta gak cuma mahasiswa aja, ternyata ada juga peserta yang masih SMA, diantaranya ada SMAN 3 Jakarta, SMA Labschool rawamangun, dsb. saya salut dengan keniatan mereka mengikuti acara seperti ini (saya jadi ingat dulu waktu SMA kayaknya saya nggak pernah ikutan acara bertaraf nasional kayak gini/internasional malah, karena sebagian peserta ada yang dari luar negeri)

Pokoknya, acara ini luar biasa banget! dapet sertifikat sama pin indonesia-amerika pula! dan gratis! salut sama panitinya, salut sama pesertanya, semuanya udah bikin saya terkesima dan tertampar, bahwa bahasa inggris perlu banget guys! karena apa, kalo kita ngerasa jago sebagai mahasiswa, jangan jadi mahasiswa yang jago kandang. kita juga harus bisa menjadi mahasiswa yang jago di luar kandang. seperti kata dosen saya “tahun 2015 nanti, saingan kita bukan cuma orang Indonesia, tapi orang-orang di seluruh dunia!” so pasti, bahasa menjadi sesuatu yang wajibul kudu!

disamping itu, keahlian lain juga harus kita tingkatkan, seperti kemampuan public speaking, rasa percaya diri, pengetahuan umum, dan sebagainya. Dan jangan lupa, keep humble! karena orang-orang hebat yang saya lihat dan kenal, rata-rata semuanya humble banget. kalau ada yang sombong, mereka bukan orang hebat, tapi orang yang kepengen dibilang hebat sama orang lain😛

 

keep shine and go forward!

 

P.S: info link isafis: http://isafis.org/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s