JUNIOR CHAMBER INTERNATIONAL, organisasi keren buat pemuda di seluruh dunia

ImageApa itu JCI?

Junior Chamber International (JCI), Inc, adalah federasi dunia yang berisi profesional dan wirausaha muda dengan usia 18-40 tahun. JCI memiliki organisasi federasi yang aktif di lebih dari 6000 chapter yang berlokasi di lebih dari 100 negara dan wilayah.

JCI didirikan di Mexico City pada 11 Desember 1944, ketika perwakilan 8 negara bertemu untuk menciptakan organisasi yang memberi perhatian pada urusan global. Dari 8 negara ini, JCI tumbuh ke setiap benua melibatkan lebih dari 100 negara.

Sejak didirikan pada tahun 1951 sampai tahun 1969, JCI berkantor pusat di Coral Gables, Florida, U.S.A. Lalu pada tahun 2001, kantor pusat JCI dipindahkan ke St. Louis, Missouri, U.S.A, dimana organisasi lokal pertama didirikan disana pada tahun 1918. Kantor pusat ini memiliki 20 staf yang bekerja full time untuk melayani anggota-anggota JCI.

JCI merupakan lembaga non-pemerintah (nongovernmental organization) yang berpartisipasi aktif dalam sistem PBB dan termasuk dalam agensi UN seperti UNICEF dan UNCTAD. JCI bekerjasama dengan International Chamber of Commerce (ICC), International Association of Students in Economics and Management (AIESEC), the Pan-American Health Organization (PAHO), the World Health Organization (WHO), the United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO), dan the Inter-American Foundation (IAF).

Misi JCI

Berkontribusi untuk kemajuan komunitas global dengan menyediakan kesempatan bagi para pemuda untuk mengembangkan kemampuan dan keterampilan kepemimpinannya, tanggung jawab sosial, persahabatan serta kewirausahaan untuk menciptakan perubahan yang positif.

JCI Indonesia

JCI Indonesia periode 2011 saat ini dipimpin oleh Harry Warganegara Harun. Bersama JCI Indonesia, Harry mengajak rekan muda untuk menjalani pengalaman yang menarik, menjalin network, mendapatkan ilmu baru dan mempertajam kepemimpinan serta mempersiapkan diri untuk menjadi pemimpin bangsa dan dunia.

Dengan semangat “Be-Responsive, Be-Together & Be- Better”, Harry juga menyerukan agar kita peduli terhadap sekitar, kemudian bersama sama melakukan aksi, agar lingkungan serta Indonesia akan menjadi lebih maju.

Individual Member

Banyak manfaat yang dapat kita petik dengan menjadi anggota JCI, mulai dari pengembangan diri sampai pada terbukanya cakrawala baru yang akan memperluas wawasan kita. Dalam JCI, seorang dokter bisa saja mensupervisi kegiatan pembangunan sekolah, seorang pengusaha mengadakan kegiatan kesehatan anak, seorang insinyur dapat mengelola dan mengarahkan sebuah seminar, dan sebagainya. Hal ini akan membuat kita menjadi sosok yang memiliki kesempatan untuk mengembangkan banyak skill dan kemampuan yang diaplikasikan dengan baik.

Tanggung jawab

Sebagai anggota JCI, kita memiliki tiga tujuan :

1. Menjadi anggota terbaik dari chapter tempat kita bergabung

2. Menjadikan chapter kita sebagai chapter terbaik dalam JCI

3. Sebagai anggota yang berdedikasi, membantu chapter kita menjadikan komunitas kita sebagai komunitas lokal t erbaik di dunia.

Untuk mencapai tujuan ini, kita tidak memiliki tugas spesifik seperti yang pengurus lakukan, tapi kita memiliki sejumlah tanggung jawab sebagai berikut :

a. Aktif

Banyak organisasi berdiri sebagai “joiner”, yaitu orang yang hanya ingin mengoleksi kartu anggota. Keanggotaan JCI tentu saja berbeda, karena menawarkan banyak hal bagi anggotanya seperti skill training, pengembangan personal, penghargaan bagi komunitas, dan kepuasan karena terlibat dalam program yang bermanfaat bagi orang lain. Bagaimanapun keuntungan ini hanya tersedia bagi anggota aktif; orang yang hadir di setiap pertemuan dan bekerja keras di setiap kegiatan yang disepakati.

b. Berkomitmen

Dalam keanggotaan JCI, tidak ada anggota yang “baik namun setengah hati”. Gerakan JCI memiliki filosofi, target dan tujuan serta jiwa. Keanggotaan JCI mensyaratkan komitmen bagi setiap anggota, meminta dedikasi untuk bekerja keras dan panggilan untuk memahami secara mendalam permasalahan orang-orang. Jika kita mampu berkomitmen seperti ini, kita akan menjadi anggota yang tak ternilai bagi chapter kita.

c. Menjadi Kontributor

Ada banyak anggota JCI yang memilik ledakan-ledakan ide hebat, yang terdengar sebagai pemikir dan memainkan peran dalam proses pengambilan keputusan. Namun mereka sering diam saat meeting; bisa jadi karena malu atau mereka takut ide-idenya akan dicemooh. Seringkali ide-ide bagus itu baru terungkap setelah keputusan dibuat.

Nah, chapter Anda membutuhkan kontribusi kita! Milikilah kemampuan berbicara di depan publik, pikirkan ide sungguh-sungguh, dan kemukakan argumen yang mendukung pendapat Anda. Bersiaplah untuk mendengarkan orang-orang yang menentang maupun menerima hal-hal baik, dan milikilah tujuan untuk menjadi anggota yang didengarkan dengan ide-ide yang dihargai.

d. Efisien

Efisiensi adalah salah satu kunci kemajuan. Hal ini penting karena apapun hal yang kita kerjakan, kita memahami apa yang harus kita lakukan, kita berpartisipasi penuh bersama orang lain dan kita melakukan kewajiban kita dengan yang terbaik dari kemampuan kita. Jangan takut untuk bertanya bila kita tak paham. Dan jangan ragu untuk meminta bantuan jika memang perlu. Tidak ada satu posisi dalam gerakan JCI yang lebih penting daripada yang lainnya, dan setiap anggota adalah mata rantai prestasi manusia. Organisasi ini memerlukan anggota yang melakukan tugasnya dengan sungguh-sungguh, tidak memerlukan mereka yang melalaikan tanggung jawabnya serta menyebabkan kegagalan.

e. Mandiri

Anggota yang dapat diperhitungkan sepanjang masa adalah mereka yang menjadi tumpuan orang lain, dan mereka berhak mencapai puncak. Banyak kegiatan positif yang gagal karena satu orang menyebabkan timnya melemah. Sebagian besar kegiatan JCI mengandalkan kerja tim dan wujudkanlah harapan-harapan yang disematkan pada kita. Pada waktu yang sama, jangan bersikap terlalu antusias untuk mengambil semua peran melebihi kapasitas waktu yang kita punya. Memiliki banyak kewajiban untuk dilakukan sama buruknya dengan tidak melakukan apapun sama sekali.

REKOMENDASI

Pelajari

Penting sekali untuk sebanyak mungkin mempelajari organisasi yang kita ikuti, jika memang kita ingin berpartisipasi penuh di dalamnya. Pelajari sejarah chapter kita dan organisasi JCI serta cari informasi kegiatan dan proyek-proyek yang baru saja berlangsung. Mengetahui apa yang sudah dilalui akan memberikan kita tak hanya ide, tapi juga membantu kita untuk belajar dari pengalaman orang lain dan menghindari perangkap. Pahami konstitusi chapter kita, struktur serta organisasinya. Hadirlah di berbagai pertemuan regional, nasional dan internasional dimana kita dapat belajar tentang apa yang terjadi di level tersebut serta pengalaman yang dapat kita bagikan ke sebanyak mungkin anggota yang mungkin akan kita temui. Di atas segalanya, gunakan setiap kesempatan untuk belajar keterampilan baru dan memperluas keterampilan-keterampilan sudah Anda miliki.

Manfaatkan

Chapter Anda adalah organisasi training dan kita dapat memperoleh keuntungan dari mengikuti kursus pengembangan diri, kepemimpinan, manajemen dan skill training yang ditawarkan. Namun kita harus menggunakan skill yang diminta. Misalnya, setelah mempelajari teknik kepemimpinan, buatlah proyek untuk mendidik para pemimpin di organisasi voluntary tentang bagaimana menyelenggarakan pertemuan yang efektif. Kita akan mendapatkan lebih banyak training dan memanfaatkan kemampuan kita yang terbaik dengan bekerja dalam sebanyak mungkin proyek yang besar dan bervariasi, dengan melakukan hal terbaik yang kita pelajari. Gerakan JCI merupakan hal yang unik yang memungkinkan anggotanya belajar dari kesalahan, jadi jangan takut menangani sesuatu yang baru. Bahkan jika Anda tidak sepenuhnya berhasil, Anda akan menemukan keuntungan pribadi untuk pekerjaan dan kehidupan pribadi ketika Anda menerapkan apa yang telah Anda pelajari di JCI.

Aturlah

Menjadi anggota JC tidaklah sepenuhnya kegiatan paruh waktu, karena untuk menjadi anggota aktif dari sebuah chapter yang baik bisa sangat menuntut waktu dan bakat Anda. Anda harus sangat pandai mengatur waktu agar dapat memberi perhatian yang cukup untuk keluarga, pekerjaan dan karir Anda di JCI. Adalah bijaksana untuk melibatkan keluarga dan pekerja Anda atau rekan bisnis dalam kegiatan Junior Chamber Anda; mereka akan melihat kerja hebat yang Anda lakukan dan manfaat yang Anda peroleh, dan kemudian mereka akan memberikan dukungan penuhnya.

Bergerak!

Karena tuntutan yang besar, masa aktif Anda di JCI mungkin relatif pendek. Ketika kita tahu tentang JCI, ukur waktu yang Anda dapat berikan kepada JCI dan tetapkan tujuan pribadi, apakah itu menjadi Presiden Chapter, Presiden Nasional, atau Presiden JCI. Rencanakan langkah-langkah Anda di jalan menuju prestasi, dan kemudian, tempatkan semua yang Anda pelajari ke dalam praktik, tembak bintang-bintang. Akan tetapi ingatlah bahwa akhir karir Anda di JCI adalah permulaan –awal pelayanan pribadi Anda bagi komunitas dan negara Anda. Jadilah anggota Junior Chamber hari ini, dan Anda bisa menjadi pemimpin esok hari.

Rangkuman

Ketika kita menempatkan masalah menjadi tantangan yang akan kita hadapi; ketika kita sudah menetapkan tujuan untuk kita gapai; dan ketika kita menggabungkan bakat yang kita miliki dengan skill yang akan kita peroleh, kita akan mendapatkan pertumbuhan personal yang akan memberikan kita dimensi baru, sudut pandang baru, dan cara hidup baru. Pertimbangkanlah kata-kata Thomas Wolfe ini:

“If a man has talent and does not use it, he has failed;

If he has talent and uses only half of it, he has partially failed;

If he has talent and learns to use the whole of it, he has gloriously succeeded, and knows a satisfaction and triumph few will ever know.”

Junior Chamber in Action

Junior Chamber dapat juga disebut sebagai “organisasi dengan banyak kesempatan”. Pada dasarnya ada 4 area kesempatan dalam JCI, yaitu Individual, manajemen, komunitas, internasional dan bisnis. Setiap kegiatan ini diadakan di masing-masing area.

Individual Opportunities – merupakan wadah bagi individu untuk mengembangkan diri. Seminar yang diselenggarakan oleh trainer profesional dan anggota JCI, membantu anggota untuk berbicara dengan efektif, belajar skill kepemimpinan, meningkatkan kemampuan komunikasi dan mengembangkan diri

Community Opportunities – merupakan area yang memungkinkan anggota untuk menjalin kerjasama dengan komunitasnya sendiri/komunitas lainnya. Sebelumnya, para anggota melakukan survey mengenai kebutuhan komunitas dan kemudian mengorganisasi kegiatannya. Peluang terpenting dari area ini adalah kita dapat memberikan kontribusi konkret bagi lingkungan dan sesama. Disini anggota JCI tidak hanya mendapatkan manfaat bagi komunitasnya, tetapi juga belajar mengaplikasikan kemampuan yang mereka miliki/dapatkan dari berbagai sumber.

International Opportunities – area ini merupakan bagian yang sangat mengesankan. Melalui area international, anggota JCI dapat memperoleh informasi mengenai kejadian di berbagai belahan dunia. Mereka juga mendapatkan pengalaman langsung dengan bermacam-macam budaya dan membantu sesama anggota memahami anggota JCI lain serta masyarakat dunia. Dengan bergabung dalam area ini, anggota JCI juga turut menyemaikan kedamaian dengan menjalin persahabatan yang melampaui batas-batas negara.

Business Opportunities – dalam area ini, anggota JCI dapat saling bertukar ide dan melakukan bisnis bersama anggota lain yang memiliki minat sama. Tentu saja tak hanya di chapter sendiri, namun juga dari negara lain dengan jaringan 400.000 anggota di seluruh dunia. Area bisnis juga memberikan kesempatan bagi anggotanya untuk meningkatkan ekonomi komunitas dengan mengadakan kegiatan yang dapat meningkatkan produktivitas dan efektivitas bisnis mereka. Salah satu kegiatannya misalnya berkunjung ke perusahaan sukses untuk mengetahui bagaimana mereka menjalankan bisnis yang berhasil, mengadakan pertemuan dengan pengusaha sukses dalam pertemuan bulanan, dan mengadakan sesi training untuk mengetahui bagaimana cara mengembangkan perusahaan atau usaha seseorang.

Kesempatan lain yang sangat terbuka lebar dalam JCI adalah kita dapat saling bertukar ide, bersosialisasi, memiliki jaringan bisnis, dan bekerjasama dengan banyak pihak dari berbagai latar belakang.

Menjadi anggota Junior Chamber akan membuka jalan bagi kita untuk membuat hidup lebih bermakna, berharga dan bermanfaat bagi diri sendiri. Kesemua aktivitasnya tergantung pada kemauan para anggota untuk mengenali dan mengejar kesempatan-kesempatan yang ada, dengan terjun langsung di dalamnya (learning by doing). Menjadi anggota JCI berarti kita bersiap mengembangkan diri dan tidak melihat apa yang JCI dapat berikan bagi kita, tetapi bagaimana kita melakukan banyak hal melalui organisasi ini.

jadi intinya aitu JCI merupakan organisasi kepemudaan bertaraf internasional yang lebih konsen ttg lepribadian, leadership, dan enterprenurship .

klu berminat untuk menjadi member JCI dapat menghubungi JC Tisna (08112500067) atau Indra Fathiana (085715775585)

ayo kapan lagi bergabung dengan organisasi kepemudaan yang bertaraf Internasional…sekarang lah saatnya

10 thoughts on “JUNIOR CHAMBER INTERNATIONAL, organisasi keren buat pemuda di seluruh dunia

    • untuk palembang saya belum cari tau info lebih lanjut🙂 info lebih lanjut mba erlyza bisa googling dengan kata kunci “JCI Indonesia” biasanya nanti akan ada info2 terkait organisasi ini di beberapa website🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s