Sarapan Sehat, Nasi Lengko Juaranya!

Segudang aktivitas yang padat di pagi hari, terkadang membuat kita melupakan hal yang paling penting. Yap, benar sekali, sarapan! Padahal, sarapan itu sangat penting bagi kita dalam memulai aktivitas sehari-hari. sarapan dapat meningkatkan daya konsentrasi, stamina, daya tahan tubuh, serta dapat membuat koordinasi yang baik antar panca indera bahkan mengontrol berat badan.

Nah, sekarang udah  tau kan manfaat dari sarapan? eits, tunggu dulu. Sarapan yang baik juga harus berisi makanan yang baik pula. Jangan sekali-kali kita makan fast food atau makanan instant yang justru malah bikin kita sakit. Hmm, lalu sarapan apa nih yang mengenyangkan dan bergizi?

Nasi Lengko (Sumber: Google)

Buat kamu yang berdomisili di sepanjang jalan Pantura (Indramayu, Subang, dan sekitarnya) khususnya Cirebon, pasti kenal betul dengan ikon sarapan ini. Apalagi kalau bukan Nasi Lengko/Sego Lengko. Makanan khas Jawa Barat ini memang banyak diminati masyarakat, karena rasanya yang khas dan beda dari yang lain. Lengko berasal dari kata “Majalengka” yang merupakan salah satu kota di Jawa Barat. Umumnya masyarakat Sunda menyajikan Nasi Lengko untuk  menu sarapan pagi beserta teh tawar hangat.

Dalam satu porsi Nasi Lengko, terdapat nasi putih yang ditaburi irisan mentimun, tauge, tempe, tahu, lalu dilumuri dengan bumbu kacang, kerupuk, bawang goreng plus kecap manis. Beberapa pedagang Nasi Lengko juga ada yang memvariasikan toppingannya dengan potongan kubis atau kucai. Bagi pecinta pedas, kita juga bisa menambahkan sambal kacang. Hmm, rasanya benar-benar menggugah selera!

Selain rasanya yang nikmat nan mengenyangkan, kandungan gizi dalam Nasi Lengko juga tidak kalah lho dengan menu sarapan sehat lainnya. Bayangkan saja, dalam sekali suap kita akan langsung mendapatkan:

1. karbohidrat dalam nasi putih

2. tempe yang merupakan antioksidan yang baik bagi tubuh dan dapat mengurangi resiko penyakit jantung

3. kacang yang berprotein tinggi, zat besi, vitamin B kompleks, fosfor, omega 3 yang merupakan lemak tak jenuh

4. mentimun yang kaya akan serat, vitamin A, B1, B2, C, dan asam manolat yang baik untuk tubuh

5. Kubis yang merangsang pembentukan glutation, yaitu zat yang diperlukan untuk menonaktifkan zat beracun dalam tubuh manusia, dan masih banyak lagi kandungan-kandungan gizi yang terdapat dalam Nasi Lengko.

Bagaimana, hebat bukan? Terbukti bahwa makanan khas daerah sangat bergizi, harganya terjangkau, dan tidak kalah nikmat dengan makanan dari luar negeri. Oleh karena itu, mari kita sebagai warga negara Indonesia agar selalu tetap menjaga kesehatan dengan mengonsumsi sarapan yang bergizi sekaligus melestarikan makanan khas daerah kita.🙂

Jelajah Gizi NuB (klik disini)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s