MAN JADDA WAJADA !!!!!

“siapa yang bersungguh-sungguh, akan berhasil”

kalimat super berbahasa Arab itu bener2 mujarab, berhasil. faktanya bahwa segala sesuatu di dunia ini memang bener2 membutuhkan kerja keras dan kesungguhan, baik jasmani maupun rohani. kutipan ini pertama kali aku denger dari temen SMA aku waktu kelas 1, namanya fachri dia teriak2 “MAN JADDA WAJADA… MAN JADDA WAJADA!!!’ awalnya aku nggak ngerti apa artinya, tapi setelah denger dari berbagai sumber,, ternyata artinya sangatlah menggugah, membakar semangat. sungguh kalimat ini bener2 ampuh buat kita yang ingin meraih cita-cita dengan serius. bismillahh…

bertahun-tahun kemudian, saat aku lagi jalan2 ke jogja, gak sengaja ngeliat novel Negeri 5 Menara di kosan kakakku. sebenernya aku udah tau novel itu udah lama, cuma sempet gak tertarik karena kata orang2 sih itu novel tentang kehidupan pesantren. nah pas di jogja, mungkin berkat Ridho Illahi aku akhirnya sempetin waktu liburan aku buat baca novel N5M. wahh gak terduga ternyata novelnya seru optimal!! luar biasa dewa…. aku membacanya lahap, selahap kalo lagi makan nasi anget ama rendang atau asem padeh. bercerita tentang kehidupan seorang Alif (aslinya bang A.Fuadi), seorang anak MTS yang punya cita2 buat masuk SMA terus ke ITB. tapi, amaknya maunya dia masuk ke pesantren di ponorogo, Pondok Madani (alias Pondok Modern Gontor). ya walhasil semua tentang Alif, shahibul menara, dan pondok madani. dikemas dalam cerita yang renyah dan unik. senikmat waktu aku baca Laskar Pelangi-nya bang Andrea Hirata atau Ayahku Bukan Pembohong-nya mas Tere Liye.

yahh itu cerita singkatnya. berkat kalimat super itu, aku merasa segalanya mungkin jika kita berusaha. kita telah memiliki takdir, segalanya, mungkin rezeki, jodoh, atau yang lainnya. namun itu semua akan sia2 kalo kita enggak berusaha buat menggapainya. bukan ketajaman dari sebuah pedang yang dapat memotong sebatang pohon, namun kesungguhan dari sang pemotongnyalah yang dapat memotong pohon tersebut. selama ini banyak orang2 yang menganggap bahwa dirinya lemah, tak kuasa, atau selalu gagal. merekalah orang2 yang celaka,orang2 yang enggak mau bersungguh2 buat berusaha. memang, suatu saat kita pasti akan mengalami kegagalan, tapi anggaplah saja itu merupakan uang bayaran yang harus dibayar untuk membeli kesuksesan🙂

cukup sok motivatornya.

insya Allah, dengan kalimat luar biasa itu, aku bisa menggapai mimpi2ku dan seluruh keinginanku.😀

aminnn……

13 thoughts on “MAN JADDA WAJADA !!!!!

  1. ini nih akibat baca negeri 5 menara, menularkan semangat kemana- amna..🙂 Saya juga pasang mantra itu di dinding kamar, supaya terus termotivasi. hehe

Tinggalkan Balasan

