semua butuh BELAJAR

manusia pasti BELAJAR. sejak di dalam kandungan, kita BELAJAR untuk bersabar menunggu kehidupan di dunia. BELAJAR berbagi dengan Ibunda kita di dalam rahim. saat kita lahir pun kita BELAJAR untuk menangis, menangis untuk memohon kasih sayang, menangis untuk meminta perhatian. kita BELAJAR berjalan, berbicara, duduk, berlari, membaca, dan berhitung.

saat mulai tumbuh remaja, kita BELAJAR mengerti hidup mandiri. kita BELAJAR untuk patuh, BELAJAR untuk mencipta, BELAJAR untuk berkarya. BELAJAR bukan hanya di sekolah, kita BELAJAR di jalanan, BELAJAR untuk sabar menghadapi orang-orang yang berbeda, BELAJAR di alam, BELAJAR untuk melestarikan kekayaan Alam yang melimpah. kita BELAJAR untuk bernapas dengan penuh tanggung jawab. BELAJAR sosialisasi lewat organisasi, BELAJAR mengerti perbedaan.

saat dewasa, kita BELAJAR mencintai dan dicintai. BELAJAR menahan hawa nafsu yang berkepanjangan, BELAJAR introspeksi diri, BELAJAR memahami makna perbedaan. BELAJAR untuk menghindari keegoisan, BELAJAR tentang apa itu persaudaraan, persahabatan yang sejati, bahkan cinta yang hakiki. kita BELAJAR untuk mengendalikan emosi, BELAJAR untuk melawan kemalasan, kebodohan, ketakutan. kita BELAJAR untuk menghindari perang pemikiran dan perasaan. BELAJAR untuk peduli akan sekitar kita.

BELAJAR ikhlas mesti tak rela, BELAJAR introspeksi meski tak salah, BELAJAR setia meski dikhianati, BELAJAR mengerti meski tak sehati, BELAJAR patuh meski tak sejalan, BELAJAR sabar meski berat, BELAJAR konsisten meski penuh godaan, BELAJAR mengalah meski tak sesuai kenyataan, BELAJAR dan terus BELAJAR hingga kita menutup buku kehidupan kita dengan penuh keyakinan bahwa BELAJAR tidak memiliki batasan.

masih banyak pemBELAJARan yang kita butuhkan. di dunia ini, semuanya butuh BELAJAR. tak ada proses yang instant (kecuali mie instant).

7 thoughts on “semua butuh BELAJAR

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s