Gaji Guru, berapa ya?

mungkin temen2 berpikir kalo guru itu pekerjaan biasa dengan gaji standar. eits,, kalo ada yg berpikir gitu, temen2 salah besar !!!!! di jepang, guru merupakan profesi yg paling dihormati sekaligus mendapatkan gaji yang tinggi ! hampir semua guru di jepang punya mobil. berikut data yg dikutip dari salary sedunia

Grade

Teachers
Yen (a month)

Head-Teachers
Yen (a month)

Principal
Yen(a month)

2

156,500

292,500

422,400

4

184,200

320,900

439,800

6

202,500

348,600

456,200

8

217,900

369,500

471,500

10

237,600

389,000

485,600

12

262,000

406,100

500,100

14

288,200

422,200

512,100

16

315,700

437,300

18

342,700

451,000

20

362,900

463,800

22

381,400

474,100

24

397,600

482,200

26

411,200

488,400

28

422,400

30

432,300

32

441,300

34

449,700

36

455,900

Data ini dikutip dari buku Education at a Glance-nya OECD (Japan).

Data tersebut adalah gaji guru SD dan SMP, sedangkan gaji guru SMA sedikit lebih tinggi. Grade menggambarkan periode kerja. Seorang guru muda akan memperoleh 156,500 yen per bulan, dengan kurs hari ini (setara dengan 156,500xRp75.295=Rp 11,783,667). Apakah ini besar atau tidak, silahkan membandingkan dengan tulisannya Pak Anto tentang gaji beberapa profesi di Jepang

Atau bisa juga dibandingkan dengan beasiswa dari Monbukagakusho (kementerian pendidikan Jepang) untuk mahasiswa asing sebesar 172,000 yen per bulan, yang dengan uang sebesar itu sebagian mahasiswa dapat menabung dan membeli rumah di Indonesia (bagi yang bisa (^_^))

Rata-rata guru di Jepang mulai bekerja pada usia 22-23 tahun, setamat Universitas. Hasil survey MEXT (Kementerian Pendidikan Jepang) menunjukkan bahwa rata-rata guru di Jepang berumur 42 tahun, dengan kata lain mereka telah bekerja selama 20 tahun. Selama 20 tahun bekerja seorang guru sekolah publik akan memperoleh gaji sebesar 362,900 yen atau setara dengan Rp 27,324,555 per bulan.

Selain medapatkan gaji bulanan, para guru juga memperoleh extra salary (adjusment allowance) sebesar 4% gaji bulanan, dan juga akan mendapatkan bonus 2 kali dalam setahun yaitu bulan Juni dan Desember sebesar 4.65% gaji bulanan. Sehingga guru yang bekerja selama 20 tahun akan menerima total penghasilan per bulan sebesar 362,900 plus (362,900×4%) = 377,416 yen. Dan akan menerima gaji per tahun sebesar 362,900×12 plus (362,900×4%x12) plus (363,900×4.65%x2)= 4,562,741.7 yen. Kalau dibuat ke rupiah, ya silahkan hitung sendiri.

Gaji guru di sekolah negeri dibayar oleh pemerintahan di tingkat prefecture (provinsi) sebesar 50% dan pemerintah pusat 50%. Prosentasi ini bisa berubah jika kondisi prefekture tidak begitu kaya.

Selain gaji, bonus dan extra gaji seperti di atas, terdapat pula beberapa tambahan gaji yang tidak berlaku nasional, misalnya : regional allowance, supporting family allowance, commuting allowance, head teacher allowance and head teacher instructor allowance, club activities instructor allowance.

gaji guru di Indonesia pun tidak kalah menggiurkan. gaji guru SD yg sudah PNS bisa mencapai RP.5-8 juta perbulan !! ckckckkck,, dengan jam kerja setengah hari, belum ditambah dengan tunjangan, bonus, bla bla bla, membuat profesi guru SD memang sedang diminati banyak orang (pantes aja PGSD UNJ ada 8 kelas di angkatan saya!).

gimana temen2, masih ragu mau jadi guru? di jaman sekarang, guru bukan lagi kayak “umar bakrie” sesuai lagunya bang Iwan Fals yang berangkat gawe pake sepeda kumbang,, tapi sekarang pada pake BMW (dramatisasi) !! mau?

15 thoughts on “Gaji Guru, berapa ya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s